Karakteristik Generasi yang Sukses

Card Set Information

Author:
atd.farhan
ID:
270411
Filename:
Karakteristik Generasi yang Sukses
Updated:
2014-04-14 10:38:22
Tags:
bacaan
Folders:

Description:
Dr. Majdi Al- Hilali
Show Answers:

Home > Flashcards > Print Preview

The flashcards below were created by user atd.farhan on FreezingBlue Flashcards. What would you like to do?


  1. Bagaimana tujuan ketaatan kepada Allah ?
    Tujuan ketaatan yakni hanyalah menyembah Allah dan menolong-Nya dengan benar-benar niat kepada Allah, tidak mendahului urusannya kecuali setelah memastikan keikhlasan niatnya hanya semata-mata kaeena Allah
  2. Apa yang dimaksud dengan ketaatan dalam ittiba' ?
    Ia tidak melaksanakan amal perbuatan melainkan jika amal perbuatan tersebut sesuai dengan syari'at dan mengikuti perintah Rasulullah SAW.
  3. Bagaimana tatacara sholat yang dapat mencegah seseorang dari perbuuatan yang keji dan mungkar ?
    Mukmin selalu menjaga shalatnya dengan berjama'ah di masjid. Bahkan, sebelum adzan dikumandangkan ia segera berangkat ke masjid untuk mengosongkan hatinya dari kesibukan dunia. Sehingga ketika tiba waktu shalat ia menyambutnya dengan hati yang khusyu' dan penuh konsentrasi. Tatacara shalat yang demikianlah yang akan mencegahnya dari perbuatan yang keji dan mungkar .
  4. Bagaimana sikap mukmin yang bertawakkal kepada Allah ?
    Orang mukmin yang bertawakkal kepada Allah dan menyerahkan urusan-Nya : ia ridla dengan bagian yang diberikan Allah kepadanya. Bagaimana tidak, ia mengetahui bahwa ilmunya hanyalah sedikit sedangkan ilmu Allah tidak ada batasnya. Dan yang terbaik adalah yang dipilihkan oleh Allah "...boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia amat buruk bagimu : Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui (Al-Baqarah : 216)
  5. Bagaimana hakikat kekayaan menurut sabda Rasul ?
    " Kekayaan bukanlah dilihat dari banyaknya barang-barang duniawi akan tetapi kekayaaan dilihat dari kayanya jiwa "
  6. Bagaimana maksud dari kekayaan jiwa ?
    Artinya manusia tidak membutuhkan dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Dia tidak rakus terhadap harta, pangkat, ketenaran, dan wanita, seperti yang dimiliki seseorang diantara mereka
  7. Apa yang dimaksud dengan fakir hakiki dan kaya hakiki ?
    Berapa banyak manusia yang nampaknya kaya tetapi batinnya faqir dan rakus atas apa yang ada pada orang lain. Inilah yang disebut faqir hakiki dan berapa banyak manusia yang dhahirnya faqir namun batinnya merasa cukup dengan memuji Allah dan tidak membutuhkan manusia, inilah yang disebut dengan kaya Haqiqi
  8. Apa yang seharusnya dilakukan seorang mukmin untuk memelihara diri ?
    Seorang mukmin haruslah memelihara diri untuk tidak menengadahkan tangan meminta sesuatu dari manusia.
  9. Bagaimanakah gambaran seseorang yang tawadhu ?
    Seorang mukmin menjauhkan dan meninggalkan kesenanngan duniawi, dia tidak merasa dirinya mulia dan terhormat diantara sesamanya. Karena itu, ketahuilah dia lebih banyak bergaul dengan kaum lemah dan miskin, dan memenuhi undangan orang yang mengundang bagaimanapun keadaannya.
  10. Bagaimanakah cerminan mukmin yang merendahkan diri ?
    Kerendahan diri orang mukmin kepada saudaranya tercermin pada pertolongannya. Tabiat jiwanya yang suka menolong, apalagi terhadap kaum yang lemah . rendah diri sebagai kasih, sayang , dan cinta.
  11. Bagaimanakah sikap mukmin terhadap orang-orang kafir ?
    Orang mukmin adalah orang yang keras dan tegas terhadap orang-orang kafir. Firman Allah ta'ala mennsifati orang-orang mukmin : " ... adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang terhadap sesama mereka... " (Q.S. Al-Fath : 29)
  12. Bagaiman ciri-ciri orang yang berakhlak mulia ?
    • a. orang yang berwajah ramah dan murah senyum sekalipun dalam keadaan apapun.
    • b. Orang-orang yang ramah dalam bergaul, berusaha mengajak orang-orang dalam majlis persahabatan. Tutur katanya menyenangkan jiwa, ia orang yang lembut dan tidak kasar.
    • c. Orang yang memuliakan orang lain, bergaul dan bersenda gurau dengan mereka secara menyenangkan, lemah lembut dalam bercanda, tidak berlebihan dan melampaui batas bahkan menyakiti.
    • d. Toleransi
    • e. Mempunyai kewibawaan, santun dalam berbicara, dan hati-hati dalam berbuat.
    • f. tutur katanya bagus
  13. Bagaimanakah seharusnya sikap mukmin dalam bersaudara ?
    Seorang mukmin bersaudara karena Allah, dan tidak menyukai seseorang kecuali orang itu mempunyai sifat-sifat yang dicintai Allah. Ukhuwwah dan kecintaan terhadap saudaranya tidak didasari oleh hal-hal yang bersifat keduniawian dan kepentingan pribadi, akan tetapi dalam berinteraksi sesamanya, dilandasi dengan cinta kepada Allah.
  14. Apa yang dikatakan Rasulullah kepada Uqbah tentang keutamaan amal ?
    "Ya Uqbah, bersilaturrahmilah kepada orang-orang yang telah memutuskanmu (tali silaturrahmi), berilah kepada orang yang kikir, berpalinglah dari orang yang mendzalimimu dan dalam sebuah riwayat maafkanlah kesalahan orang yang telah berbuat dzalim kepadamu " (H.R. Ahmad)
  15. Bagaimanakah sabda Nabi mengenai amarah ?
    "Orang yang kuat bukanlah pegulat, sesungguhnya orang yang kuat itu ialah orang yang bisa mengendalikan dirinya diwaktu marah" (Muttafaq 'alayh)
  16. Sebutkan macam-macam sabar !
    • a. sabar dalam suka dan duka
    • b. sabar dalam melaksanakan ketaatan
    • c. sabar dalam menjauhi maksiat
    • d. sabar dalam menghadapi kefakiran dan kesusahan hidup
    • e. sabar dalam memperoleh kepemimpinan
    • f. sabar dalam bermuamalah
    • g. sabar dalam mengharapkan surga
  17. Bagaimanakah pahala orang-orang yang bersabar ?
    Pahalanya tanpa batas karena telah memerangi hawa nafsunya
  18. Bagaimanakah sikap seorang mukmin dalam membela kebenaran ?
    Lisannya selalu berkata benar, mengatakan yang benar walaupun terhadap dirinya sendiri atau kerabat dekatnya. ia tidak melakukan nepotisme dan mencari muka. Allah berfirman : "Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu.... " (Q.S. An-Nisa : 135)
  19. Bagaimanakah mukmin dalam menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran ?
    Orang yang beriman mengetahui bahwa perintah mengjak kebaikan dan mencegah kemungkaran adalah kewajiban setiap muslim- sesuai dengan kemampuan masing-masing - dan mengetahui juga bahwa meninggalkan kewajiban ini mengakibatkan datangnya adzab yang pedih dari Allah azza wa jalla.
  20. Apa yang dikatakan Umar untuk mengoreksi diri ?
    Hisablah diri kalian sebelum dihisab, timbanglah perbuatan kalian sebelum ditimbang dan bersiap-siaplah untuk akhirat.
  21. Bagaimana sikap mukmin terhadap pujian ?
    Orang mukmin mengetahui bahwa pujian bagaikan minuman yang memabukkan jiwa atas suatu keberhasilan yang akan menjadikannya sombong dan takabbur. Kita telah mendengar peringatan Rasulullah tentang bahayanya pujian, ketika ada seorang laki-laki yang memuji di hadapan saudaranya : "Buruknya engkau, engkau telah membunuh temanmu sendiri : (Muttafaq 'alaih)
  22. Sebutkan hadits mengenai meminta maaf !
    "Barangsiapa berbuat zhalim terhadap kehormatan dan harta saudaranya, maka hendaklah ia meminta maaf kepadanya sekarang, sebelum hari kiamat. Jika telah datang hari kiamat, apabila ia memiliki amal shaleh, maka amalan shaleh tersebut dikurangi sesuai dengan kezhalimannya dan jika ia tidak memiliki kebaikan, keburukan saudaranya akan diambil dan ditimpakan kepadanya " (H.R. Bukhari)
  23. Sebutkan hadits mengenai tanda-tanda orang munafik !
    "Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu : apabila ia berkata, ia berdusta, bila ia berjanji, ia ingkar, bila ia dipercaya, ia berkhianat "
  24. Bagaimana cerminan mukmin yang bersungguh-sungguh dan bercita-cita tinggi ?
    • Orang mukmin adalah orang yang bersungguh-sunggu dalam setiap lini kehidupannya, melakukan segala urusan dengan teguh, tidak bersenda gurau dalam usahanya, dan tidak menunda-nunda waktu bekerja.
    • Orang mukmin yakni orang yang kuat, kuat fisik karena selalu memperhatikan apa-apa yang bermanfaat bagi fisiknya dan menjauhi apa-apa yang bermanfaat bagi fisiknya dan menjauhi apa-apa yang membahayakan fisiknya.
  25. Bagaimana seharusnya sikap seorang mukmin dalam suatu urusan ?
    Dengan cita-cita yang tinggi, ia senantiasa mengerjakan tanpa mengenal putus asa untuk mencapainya. Maka perhatikan setelah ia menentukan tujuannya ia berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Hatinya tidak dihinggapi rasa putus asa jika usahanya yang pertama mengalami kegagalan, bahkan ia selalu berusaha berkali-kali tanpa dihinggapi rasa bosan. Ia tahu bahwa kesuksesan tidak boleh diperoleh dalam waktu dekat akan tetapi membutuhkan kesungguhan, kerja keras dan kesabaran.
  26. Bagaimana sikap mukmin yang menginfakkan harta dan waktunya ?
    Ketika menginfakkan harta dan waktunya, ia tidak mengharapkan balasan materi maupun immateri dan juga tidak mengharapkan balasan ucapan terimakasih ataupun penghormatan. Namun, ia hanya mengharapkan ridha dari Allah.
  27. Bagaimanakah sikap mukmin terhadap kekuasaan dan kedudukan ?
    Orang mukmin sangat memperhatikan agar tidak seorangpun mengetahui kedudukannya. Jika ia erada di tengah-tengah orang, ia nampak kumpulan orang-orang pada umumnya. ia tidak berusaha menampakkan kemampuannya supaya tidak terlihat kekuasaannya.
  28. Bagaimana sikap seorang mukmin dalam menjaga rahasia ketaatannya kepada Allah ?
    Orang mukmin pintar merahasiakan ketaatannya kepada Tuannya dari pandangan manusia, ia berusaha sekuat tenaga agar orang-orang tidak tahu sesuatu tentang ketaatannya. Ia tahu bahwa ketika amal perbuatan jauh dari pandangan orang banyak dan tidak ada yang melihatnya kecuali Allah, maka ia bisa mencari keikhlasan yang lebih banyak dibandingkan bila diketahui orang banyak.
  29. Bagaimanakah sikap mukmin dalam mengajukan diri sebagai pemimpin ?
    Orang mukmin yaitu orang yang tidak mengajukan diri sebagai emimpin dan menjauhinya sebisa mungkin. Kekuasaan bangak sekali fitnahnya, seseorang hampir tidak bisa selamat dari pengaruh negatif ini. Jika memang sangat suka untuk memimpin, orang mukmin mengetahui hal itu dari dirnya sendiri, maka ia menutup jalan ke arah sana, dan menjauhi keinginannya, dan menanamkan pada hatinya untuk menjauhi kekuasaan. Rasulullah melarang kita meminta kekuasaan, karena barangsiapa yang menginginkannya sesungguhnya ia menginginkan dunia melalui kekuasaan itu.
  30. Bolehkah kita membandingkan pemimpin yang satu dengan yang lainnya ?
    kita tidak boleh membandingkan antara pemimpin yang satu dengan yang lainnya.
  31. *Apa yang dilakukan seorang mukmin terhadap karunia yang telah diberikan Allah kepadanya ?
    Seorang mukmin tidak terperdaya dengan ketaatannya, jabatannya, kedudukannya, nasabnya, dan ilmu yang telah Allah erikan kepadnya. Dia tidak menuntut orang-orang agar menghormatinya. Tetapi dia mengetahui bahwa timbangan kemuliaan yang paling hakiki ialah ketakwaan kepada Allah.
  32. *Bagaimana hadits mengenai kesombongan ?
    Tidak akan masuk surga orang yang ada di dalam hatinya sebijji dzarrah sifat sombong (H.R. Muslim)
  33. *Bagaimana sikap mukmin dalam berbuat kebaikan ?
    Seorang mukmin selalu bergegas dalam berbuat kebaikan dan menggunakan waktu senggang sebelum sibuk, waktu muda sebelum tua, waktu sehat sebelum sakit, maka ketahuilah ia selalu bersegera melakukan keutamaan-keutamaan yang disampaikan kepadanya.
  34. *Bagaimanakah kewajiban taubat bagi tiap individu ?
    Taubat kewajiban setiap individu, tidak terbayang kalau ada orang yang tidak mau bertaubat, karena manusia itu tidak bisa terlepas dari dosa lahiriyah, walaupun ia bisa lepas dari dosa lahiriyah dia tidak akan lepas dari dosa batiniyah, dan jika ia terlepas dari dosa batiniyyah, dan jika ia tdari dosa bathiniyyah maka ia tidak akan terlepas dari gangguan syaithan, dan jika ia terbebas dari gangguan syaithan maka ia tidak akan terbebas dari kelupaan.
  35. *Sebutkan hadits mengenai istighfar !
    "Sungguh hatiku merasa hampa, maka dari itu aku beristighfar kepada Allah sehari semalam sebanyak tujuh puluh kali "

What would you like to do?

Home > Flashcards > Print Preview