Implementasi Kurikulum 2013: Pedoman Umum Pembelajaran

Card Set Information

Author:
tutorpnfi
ID:
280211
Filename:
Implementasi Kurikulum 2013: Pedoman Umum Pembelajaran
Updated:
2014-08-04 02:16:10
Tags:
kurikulum K13 Implementasi Pedoman Umum Pembelajaran
Folders:
kurikulum
Description:
Memahami kurikulum 2013 tentang implementasinya.
Show Answers:

Home > Flashcards > Print Preview

The flashcards below were created by user tutorpnfi on FreezingBlue Flashcards. What would you like to do?


  1. Pendahauluan 1
    Pedoman Umum Pembelajaran mencakup kerangka konseptual dan operasional tentang: strategi pembelajaran, sistem kredit semester,penilaian hasil belajar, dan layanan bimbingan dan konseling.

    Cakupan pedoman tersebut dikembangkan dalam kerangka implementasiKurikulum 2013.Strategi pembelajaran sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnyaseluruh kompetensi yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Dalam artib ahwa kurikulum memuat apa yang seharusnya diajarkan kepada peserta didik, sedangkan pembelajaran merupakan cara bagaimana apa yang diajarkan bisa dikuasai oleh peserta didik.

    Pelaksanaan pembelajaran didahului dengan penyiapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)yang dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompokyang mengacu pada Silabus.
  2. Bagaimana Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013?
    Strategi pembelajaran sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnyaseluruh kompetensi yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Dalam arti bahwa kurikulum memuat apa yang seharusnya diajarkan kepada pesertadidik, sedangkan pembelajaran merupakan cara bagaimana apa yangdiajarkan bisa dikuasai oleh peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran didahului dengan penyiapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)yang dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompokyang mengacu pada Silabus.
  3. Bagaiaman penerapan SKS pada K13
    Sistem Kredit Semester (SKS) disiapkan untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam merintis atau melanjutkan pengelolaan kurikulum dengan menerapkan SKS sebagai perwujudan konsep belajar tuntas, yang memungkinkan peserta didik dapat belajar sesuai dengan kecepatanbelajarnya.
  4. Bagaimana strategi penilaian pada K13?
    Strategi penilaian disiapkan untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan pendekatan, teknik dan instrumen penilaian hasil belajar dengan pendekatan otentik Penilaian memungkinkan para pendidik mampu menerapkan program remedial bagi peserta didik yang tergolong pembelajar lambat dan program pengayaan bagi peserta didik yang termasuk kategori pebelajar cepat.
  5. Apa substansi bimbingan dan konseling pada K13?
    Substansi bimbingan dan konseling disiapkan untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam mewujudkan proses pendidikan yang memperhatikan dan menjawab ragam kemampuan, kebutuhan, dan minat sesuai dengan karakteristik peserta didik. Khusus untuk SMA/MAdan SMK/MAK) bimbingan dan konseling dimaksudkan untuk membantu satuan pendidikan dalam memfasilitasi peserta didik dalam memilih dan menetapkan program peminatan akademik bagi peserta didik SMA/MAdan peminatan vokasi bagi peserta didik SMK/MAK serta pemilihan matapelajaran lintas peminatan khusus bagi peserta didik SMA/MA. Selain itu bimbingan dan konseling juga dimaksudkan untuk memfasilitasi gurubimbingan dan konseling (guru BK) atau konselor sekolah untukmenangani dan membantu peserta didik yang secara individual mengalami masalah psikologis atau psikososial, seperti sulit berkonsentrasi, rasa cemas, dan gejala perilaku menyimpang.
  6. Apa prinsip pembelajaran pada K13?
    Secara prinsip, kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilanyang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensiyang diharapkan.
  7. ke mana arah strategi pembelajaran K13?
    Lebih lanjut, strategi pembelajaran harus diarahkan untuk memfasilitasi pencapaian kompetensi yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum agar setiap individu mampu menjadi pebelajarmandiri sepanjang hayat. dan yang pada gilirannya mereka menjadikomponen penting untuk mewujudkan masyarakat belajar. Kualitaslain yang dikembangkan kurikulum dan harus terealisasikan dalamproses pembelajaran antara lain kreativitas, kemandirian, kerja sama,solidaritas, kepemimpinan, empati, toleransi dan kecakapan hiduppeserta didik guna membentuk watak serta meningkatkan peradabandan martabat bangsa.
  8. Apa saja prinsip kegiatan belajar?
    Untuk mencapai kualitas yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum, kegiatan pembelajaran perlu menggunakan prinsip yang:(1) berpusat pada peserta didik, (2) mengembangkan kreativitas peserta didik, (3) menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang,(4) bermuatan nilai, etika, estetika, logika, dan kinestetika, dan (5)menyediakan pengalaman belajar yang beragam melalui penerapanberbagai strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan,kontekstual, efektif, efisien, dan bermakna.

What would you like to do?

Home > Flashcards > Print Preview